Selasa, 29 April 2008

SALAM PEMBUKA DAYAK BA’AHE/BANANA’

Oleh. Paulus FS

ADIL KA’ TALINO
BACURAMIN KA’ SARUGA
BASENGAT KA’ JUBATA

ADIL KA’ TALINO, dalam pengertiannya, bagi orang Dayak keadilan dan kesetaraan merupakan arti penting dalam menata hubungan social diantara sesama manusia (talino). Keadilan disini di pandang sebagai bagaimana mengatur distribusi yang yang seimbang antara hak yang di terima dengan kewajiban yang di berikan

BACURAMIN KA’ SARUGA, nilai yang terkandung di dalamnya, dimana segala sikap dan perilaku harus mencerminkan nilai-nilai surgawi, yang dilandasi oleh nilai kasih dan ketulusan serta keluhuran budi.

BASENGAT KA’ JUBATA
• “Pasrah” menyerahkan sepenuhnya kepada sang pencifta dari apa yang sesungguhnya menjadi hak pencifta terhadap manusia dan kehidupannya.
• Sebagai manusia yang fana kita di tandai dengan segala keterbatasan, menyerahkan diri sepenuhnya merupakan suatu wujud pengharapan dan rasa takut kepada maha pencifta alam semesta isinya.
• Jadi penyerahan diri di sini merupakan kesadaran penuh akan kekurangan dan kelemahan sebagai manusia yang fana yang tidak bisa berbuat melebihi kekuatan dan kemampuan Sang Penciftanya

Tidak ada komentar: